DI RRI SURAKARTA SUARA GAMELAN TIM KERAWITAN SMKN 2 KARANGANYAR MENGALUN INDAH

Berita

DI RRI SURAKARTA SUARA GAMELAN TIM KERAWITAN SMKN 2 KARANGANYAR MENGALUN INDAH

Jurnalistik

Selasa, 21 Maret 2023

Karanganyar-Tim Karawitan SMK N 2 Karanganyar atau biasa disebut dengan Skandakra Laras telah melaksanakan siaran atau rekaman karawitan di RRI Surakarta, tepatnya di Jl. Abdul Rachman Saleh No.51 Kestalan, Kec.Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Rabu, (15/03/2023).

Dalam rekaman ini, terdapat 23 siswa diantaranya 11 perempuan dan 12 laki-laki. Selain itu, terdapat pula beberapa guru dari sekolah yang menyaksikan langsung rekaman tersebut sekaligus mendampingi Tim Skandakra Laras. Kegiatan ini diajukan dari sekolah kepada pihak RRI dengan maksud untuk menambah mental tim karawitan saat tampil dan menambah wawasan khususnya dipenggunaan gamelan sepangkon.

Selain jadwal rutin, pihak sekolah juga menambah durasi latihan serta hari-hari khusus agar siswa dapat mempersiapkan diri dalam rekaman tersebut. Pihak RRI akan menyiarkan langsung rekaman tersebut. Tepatnya pada hari Minggu (19/03/2023)  dimulai pukul 12.00 s.d. selesai, kurang lebih selama 90 menit dengan frekuensi  mengudara 92.5 FM.

“ Meskipun jauh dari kata sempurna, namun dalam hati kecil sudah bangga dengan Skandakra Laras,” tutur Purwanta, S.Pd selaku Waka Kesiswaan.

“Harapannya untuk Skandakra Laras bisa lebih baik pada tahun-tahun berikutnya, dengan mengikuti paguyuban di luar sekolah. Akan tetapi pihak sekolah tentu akan menambah durasi latihan dan siswa diharapkan konsisten dalam mengikuti latihan tersebut,” tambahnya. (An)

Bagikan